Kamis, 09 Desember 2010

Makanan-Makanan Indonesia (Bandung-Priangan)

Comro
 















Comro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat atau lonjong yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai comro yang merupakan kependekan dari oncom di jero bahasa sunda yang artinya oncom di dalam.


 Cireng


 Cireng (singkatan dari aci goreng bahasa sunda untuk 'tepung kanji goreng') adalah makanan ringan yang berasal dari daerah sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng. Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di Priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara.



Soto Bandung
















 terbuat dari bahan-bahan seperti daging sapi, lobak, dan kedelai




Tapai Singkong


 


 










Tapai singkong adalah tapai yang dibuat dari singkong yang difermentasi. Di Jawa Barat, tapai singkong dikenal sebagai peuyeum bahasa sunda.
Pembuatan tapai melibatkan umbi singkong sebagai substrat dan ragi tapai (Saccharomyces cerevisiae) yang dibalurkan pada umbi yang telah dikupas kulitnya. Ada dua teknik pembuatan yang menghasilkan tapai biasa, yang basah dan lunak, dan tapai kering, yang lebih legit dan dapat digantung tanpa mengalami kerusakan.


Bajigur






Bajigur adalah minuman khas Indonesia dari daerah Jawa Barat. Bahan utamanya adalah kopi, gula aren, dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit garam dan bubuk vanili.


Colenak

 












  




Colenak adalah singkatan dicocol enak (bahasa sunda),merupakan makanan yang dibuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Makanan khas Bandung yang masih bertahan meski saat ini agak jarang yang menjualnya. Karena kandungan gula di dalam tape maka tape tersebut mudah gosong, meski ini adalah bagian yang terenak bagi beberapa orang.



Misro 

 














Misro merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan gula merah kemudian digoreng, karena itulah dinamai Misro yang merupakan kependekan dari amis di jero (bahasa sunda artinya: manis di dalam). Bentuknya bulat.  Makanan ini enak disantap saat hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar